Asslamualaikum wr.wb
Selamat malam sahabat blogger kali ini Kiri Kanan Bung aka membahas tentang Microsoft Word, perlu kita ketahui bahwa di dunia kerja Microsoft Wordsangat di butuhkan , di manapun kita kerja pasti di pakai , di tempat kerja kita belum pasti di tanya , apakah kita habat koding,desain, dan lain sebagainya, patokan pertama mereka adalah apakah kita bisa mengoperasikan Microsoft Word ?
Ok kemaren kita sudah mengenali tools2yang ada pada Microsoft Word, boleh di baca lagi biar ingat : tutorial sederhana tentang microsoft word. Kali ini Belajar tentang membuat, menyimpan, menutup dan membuka dokumen pada microsoft word.
Ok langsung saja untuk membuat dokumen baru, dapat di lakukan dengan cara berikut :
· Klik Office Button > New sehingga muncul jendela baru yang menampilkan bagian New Document.
· Setelah itu pilihlah Blank Document untuk membuat dokumen. ( Dapat juga memilih salah satu dokumen berdasarkan template yang telah di sediakan).
Di dalam Quick Acces Toolbar juga terdapat tombol New yang berfungsi untuk membuat dokumen baru tanpa melalui jendela baru. Lihat gambar ();
Sebelum memulai dokumen, sebaiknya atur properti terlebih dahulu . Pengaturan properti mempengaruhi hasil cetakan. Pengaturan properti dapat dilakukan dengan mengklik menu Page Layout. Kemudian pada ribbon Page Setup klik ikon kecil pada pojok kanan bawah , sehingga muncul kotak dialog Page Setup lihat gambar (); kotak dialog ini terdiri dari tiga bagian ,yaitu Margins,Paper, dan Layout.
· Margin : untuk menentukan batas atas (Top) , liri (Left) , kanan (Right), dan bawah (Botton) dokumen, dan ada juga orientasi kertas. Menunjukkan margin halaman.
· Paper Size : untuk menentukan ukuran kertas yang akan digunakan dengan memilih opsinya pada menu drop-down. Jika menginginkan ukuran kertas sendiri, dapat di isi nilainya secara langsung pada kotak Width dan Height.
Untuk menyimpan dokumen baru, secara default nama dokumen yang dibuat akan berurutan, yaitu Document 1, Document 2, Document 3, serta seterusnya. Cara untuk menyimpan dokumen adalah sebagai berikut :
1. Klik Office Button > Save atau Office Button > Save As sehingga muncul kotak Save As.
2. Di dalam kotak dialog tersebut, lakukan pengaturan sebagai berikut :
- Save in : tentukan lokasi folder tempat dokumen akan di simpan.
- File Name : ketikkan nama untuk identifikasi dokumen.
- Save as type : type dokumen, gunakan default yang di berikan yaitu Word Document.
- Klik tab Save untuk menyimpan dokumen tersebut.
Untuk menyimpan dokumen lama yang telah di edit, klik Office Button > Save , Apabila dokumen tersebut hendak di simpan dengan nama yang berbeda, klik Office Button > Save As sehingga caranya sama seperti menyimpan dokumen baru. Apabila dalam menyimpan document ,nama yangdi gunakan sama dengan nama yang sudah ada di dalam folder, maka kotak konfirmasi .
· Replace exiting file : menimpa file yang sudah ada dengan dokumen baru
· Save the change with a different name : menyimpan dokumen baru dengan nama lain
· Merge into exiting file : menggabungkan perubahan yang dilakukan ke dalam file yang sudah ada.
Setelah selesai mengedit dokumen dan memastikan sudah menyimpannya, ada beberapacara untuk menutup dokumen, yaitu :
- · Klik Office Button > Close
- · Klik tombol Close Windows yang terdapat dalam Title Bar
Dokumen yang telah di simpan dapat di buka dengan salah satu cara berikut ini :
- · Klik Office Button > Open.
- · Klik tombol Open yang terdapat di dalam Quick Acces Toolbar.
Sehingga muncul kotak dialog Open lihat gambar (); , kemudian pilih file dokumen yang hendak di buka.
Na bagaimana kawan-kawan udah paham kan , mudah-mudahan bermamfaat , silahkan di share, tutorial selanjutnya kita akan membahas menuliskan dan memformat teks dan paragraft.
0 Response to "TUTORIAL SEDERHANA MEMBUAT, MENYIMPAN, MENUTUP DAN MEMBUKA DOKUMEN PADA MS WORD"
Posting Komentar